Sabtu, 24 Oktober 2015

Marketing mix merupakan suatu  strategi pemasaran yang banyak digunakan oleh perusahaan. Dengan menerapkan marketing mix pada sebuah perusahaan bertujuan mendapatkan profit yang maksimum. Salah satu strategi pemasaran dalam marketing mix ialah 4P, yaitu Product, Price, Place, Promotion.

Adidas adalah salah satu brand sepatu dan perlengkapan olahraga ternama asal Jerman dan paling tua di dunia. Perusahaan dengan logo tiga garis ini diciptakan oleh Adolf “Adi” Dassler. Adidas merupakan induk perusahaan dari Reebok, Rockpot dan Taylor Made. Namun sejauh ini Reebok masih menjadi anak perusahaan yang paling kuat diantara yang lain.

Berikut analisis strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan Adidas menggunakan teori marketing mix 4P :

1.       Product

Produk utama Adidas tetaplah sepatu olahraga. Disamping itu Adidas juga hadir dalam bentuk aksesoris dan perlengkapan olahraga seperti t-shirt, jaket, sweatshirts, dan lainnya. Sedangkan anak perusahaan Adidas juga memiliki produk utama mereka. Reebok berfokus pada sepatu olahraga mereka. Rockpot lebih spesialis pada outdoor footwear, produsen baju olahraga beserta aksesorisnya dan Taylor Made berfokus pada baju untuk pemain golf dan perlengkapannya. Adidas selalu memberikan inovasi – inovasi terbaru pada setiap produknya. Produk – produk Adidas sendiri memiliki kualitas yang bagus dan berkelas, sehingga membuat para pelanggannya merasa bangga dapat membeli dan menggunakannya.
  
2.       Price
Harga yang ditawarkan Adidas cukup merogoh kocek karena segmentasi pasar mereka adalah untuk kalangan menengah keatas. Adidas membandrol harga yang cukup stabil. Jarang sepatu dengan logo tiga garis ini menurunkan harga mereka. Apalagi untuk produk yang baru diperkenalkan kepada pasar yang memiliki desain yang unik dan jumlah yang terbatas, Adidas menggunakan strategi skimming price, dimana Adidas mematok harga setinggi-tingginya. Perusahaan ini juga meyakini bahwa dengan harga yang tinggi, berarti kualitas yang diberikan pun juga mumpuni.

3.       Place
Penjualan produk – produk Adidas tidak selalu bisa ditemui disetiap toko. Adidas memiliki outlet eksklusif sendiri yang hanya menjual produk Adidas dan Reebok. Selain di outlet Adidas sendiri, produk-produknya juga terdapat pada multi-brand outlet, seperti Sportstation. Penjualan secara online pun dilakukan oleh perusahaan asal Jerman ini melalui website resmi Adidas. Hal tersebut dilakukan agar harga dan segmentasi produk tetap terjaga sebagai barang prestige dan branded.

4.       Promotion

Berbagai cara dilakukan oleh perusahaan Adidas dalam mempromosikan produk-produknya. Dimulai dari penggunaan sepatu olahraga oleh atlet sepakbola ternama seperti Lionel Messi, Ronaldinho, dan beberapa atlet ternama lainnya. Selain itu dengan menjadi sponsorship tim sepakbola terkenal, mengontrak atlet – atlet olahraga terkenal untuk menjadi brand ambassador. Oleh karena itu, Adidas banyak disebut sebagai “Sepatu-sepatu para Pemain Bola”. Promosi menggunakan media massa tidak luput dari strategi pemasaran mereka. Menggelar potongan diskon pada momen-momen khusus pun menjadi daya tarik konsumen pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar